Obat Pencahar Bisa untuk Turunkan Berat Badan?

Sprinkleofginger.com – Memiliki bentuk tubuh yang sehat dan ideal, tentu menjadi impian semua orang. Berbagai cara kerap dilakukan, mulai dari diet, olahraga, hingga melakukan cara tak biasa untuk menurunkan berat badan.

Salah satunya, ialah meminum obat pencahar. Banyak yang percaya, bahwa dengan meminum obat pencahar akan mempermudah Buang Air Besar. Lemak yang ada di dalam tubuh, dianggap bisa keluar bersamaan dengan BAB.

Tapi, benarkah anggapan tersebut? Atau, jangan-jangan hanya mitos yang beredar di masyarakat?

“Obat pencahar indikasi untuk susah BAB, tidak bisa untuk melangsingkan badan atau menurunkan badan,” ungkap Category Manager Consumer Healthcare Sanofi Indonesia, Yosephlne Carolline, di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Sabtu 21 September 2019. 

Lihat Juga

Ia menjelaskan, bahwa jika susah buang air besar memang akan membuat kotoran di dalam tubuh menumpuk. Hal ini, lanjut Yosephine, mungkin akan sedikit menambah berat badan. Tapi, ia kembali menegaskan, bahwa obat pencahar tidak bisa untuk menurunkan berat badan.

“Obat pencahar itu untuk mengatasi susah BAB. Kalau untuk pelangsingan, bisa pilih produk lain. Tapi, kalau BAB lancar metabolisme lancar. Jadi intinya, apa yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan apa yang dikeluarkan, jadi harus seimbang,” kata dia. 

Sementara itu, dilansir dari Self, pakar kesehatan wanita Jennifer Wider mengatakan, bahwa menggunakan obat pencahar memang bisa sedikit menurunkan berat badan. Tapi, ia menegaskan bahwa hal itu bersifat sementara, dan tidak benar-benar mengubah komposisi lemak tubuh.