500 Pembatik Bakal Ramaikan Perayaan Hari Batik Nasional 2019

Sprinkleofginger.com – Perayaan Hari Batik Nasional 2019 akan dirayakan di dua kota yaitu di Jakarta pada 24-27 September dan di Solo pada 2 Oktober 2019. 

“Di Jakarta akan ada peragaan busana batik yang dibawakan ibu-ibu Duta Besar seperti Jepang, Thailand dan Brasil yang di gelar di Kementerian Perindustrian Jakarta. Sementara, di Solo akan dirayakan bersama 500 pembatik oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Diana Santosa, Ketua Panitia Hari Batik Nasional 2019 dalam jumpa media “Membatik untuk Negeri” oleh Yayasan Batik Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

Perayaan tersebut juga bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang ke-25 serta ditetapkannya Batik Indonesia sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO.

Untuk itu, YBI merayakan Hari Batik Nasional 2019 dengan tujuan untuk melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional.

“Perayaan ini mengangkat tema Membatik untuk Negeri yang bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Batik tradisional Indonesia sehingga pasar batik yang sudah sedikit menurun dapat kembali bangkit,” harap Jultin Ginandjar Kartasasmita selaku Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia.

Jultin menambahkan, tujuan lainnya adalah mengajak generasi milenial untuk mencintai dan gemar memakai batik.

“Karena itu tantangan bagi kita bagaimana mengemas batik yang disukai milenial. Baik desain hingga warna yang digemari, sehingga batik juga disukai generasi muda,” paparnya.

Selain itu, juga akan digelar pameran “Pasar Batik Rakyat” dan peluncuran buku Batik Indonesia, E-book Batik Indonesia serta website Yayasan Batik Indonesia sehingga pengetahuan dan sisi edukatif mengenai batik dapat lebih diterima masyarakat umum.